Cara Membangun Kebahagiaan Jiwa agar Menjadi Lebih Produktif

Apakah anda bahagia saat ini ataukah anda sedih karena suatu hal? Saat bahagia kadang menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih mudah bahkan pekerjaan yang diselesaikan jauh melebihi target yang ditentukan.

Hal ini berbeda ketika anda merasa sedih, terpukul dan tidak memiliki semangat untuk maju, apa yang anda kerjakan tidak akan membuahkan hasil, semua sia-sia. Kebahagiaan dan sedih bisa mempengaruhi pekerjaan seseorang bahkan berdampak bagi kehidupan mereka.

Kebahagiaan erat kaitannya dengan orang-orang yang produktif dan bahagia ini bisa membuat orang menjadi produktif.

Produktif sangat dibutuhkan dalam setiap pekerjaan yang dijalani seseorang. Mereka yang menjadi manusia produktif akan mudah menyelesaikan sesuatu yang dianggap sangat berat.

Kebahagiaan menjadi penyemangat seseorang untuk maju dan mengatasi semua hambatan yang timbul. Orang-orang yang bahagia akan menjadi lebih produktif dengan semangatnya sendiri. Sedangkan bila bahagia tersebut tidak kunjung muncul dan yang ada hanya kesedihan, mereka juga tidak akan bisa menjadi manusia yang produktif.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

1. Happy

Happy atau bahagia merupakan perasaan yang sering dialami setiapmanusia. Kebahagiaan tersebut muncul karena suatu hal yang dianggap bisa membaut mereka menjadi lebih dari saat ini. Penyebab bahagia memang banyak namun pengaruh kebahagiaan ini sangat besar terutama saat mereka bekerja.

Happy = Kebahagiaan, bahagia
Kebahagiaan mengandung beberapa makna yang luas, dibawah ini beberapa pengertian dari kebahagiaan:

• Kebahagiaan adalah keadaan yang senang, keadaan yang berlangsung dan bukan merupakan perasaan maupun emosi yang telah berlalu.

• Kebahagiaan bisa dikatakan adalah kondisi seseorang yang sejahtera yang diikuti oleh perasaan gembira dari perasaan suka hingga dia benar-benar bahagia menjalani hidupnya dan ingin terus menjalani keadaan tersebut.

• Bahagia sangat erat kaitannya dengan kondisi jiwa manusia

Bahagia yang sempurna terjadi jika :

• Bahagia dimiliki oleh keadaan tubuh yang sehat dan panca indra yang lembut
Tubuh yang sehat dan tidak memiliki penyakit, memiliki panca indra dan bagian tubuh lainnya yang sempurna, ini akan membuat seseorang menajdi bahagia. Kebahagiaan ini mungkin tidak dirasakan orang lain dan tidak semuanya bisa merasakan kebahagiaan tersebut.

• Bahagia karena memiliki sahabat
Sahabat adalah teman yang baik untuk berkeluh kesah, karena anda memiliki sahabat maka anda bisa merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Saat sedang dan duka sahabat berada disamping anda, sahabat yang baik tidak akan meninggalkan anda ketika anda mengalami masalah. Memiliki sahabat yang demikian tentu menyenangkan bagi siapa saja.

• Bahagia karena dihormati dan namanya dikenal banyak orang
Ketika seseorang mendapatkan kehormatan, dihargai masyarakat dan disanjung, dia akan merasa bahagia yang luar biasa. Bahagia yang dirasakannya membuat dia yakin bahwa dia merasa berharga dimata masyarakat atau orang lain.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

• Bahagia atas semua kesuksesan yang dicapai
Tidak semua orang bisa mengalami kesuksesan, mereka yang sukses tentu harus berjuang untuk mendapatkannya. Bahagia atas kesuksesan yang telah dicapai merupakan ekspresi dari diri mereka sendiri untuk merayakan apa yang telah mereka perjuangkan.

• Bahagia karena memiliki pemikiran yang tepat dengan keyakinan yang kuat
Keyakinan yang sangta kuat ditambah dengan pemikiran yang kuat akan membuat seseorang jauh lebih bahagia dibandingkan bila mereka tidak memiliki pemikiran yang kuat. Seorang yang memiliki pemikiran kuat cenderung untuk lebih brgairah dan lebih bersemangat untuk bekerja.

• Kebahagiaan juga akan sempurna tergantung dari kesempurnaan tubuh maupun beberapa faktor luar lainnya sebagai pendukung

Prinsip kebahagiaan manusia terletak pada dalam diri manusia itu sendiri, bukan dari orang lain. Manusia akan bahagia bila mampu memanfaatkan segala potensi yang ada pada dirinya melalui beberapa sarana yang menjadi objek dari pikiran mereka sendiri.

Untuk mendapatkan kebahagian memang sangat tergantung dari cara manusia sendiri untuk memahami hidupnya sendiri. Tapi beberapa kebahagian tersebut adalah sebatas kebahagiaan duniawi, belum mencakup kebahagiaan akhirat.

Tingkatan Bahagia menurut Al-Ghazali

• Keutamaan jiwa
Hikmah, ilmu, mampu menjaga kehormatan diri, adil dan berani

• Keutamaan tubuh
Tubuh yang sehat, kuat, indah dan umur yang panjang

• Kebaikan dari luar tubuh
Keluarga, kemuliaan, kedudukan yang terhormat, nama baik, harta yang dimiliki, keluarga yang utuh dna bahagia
• Keutamaan taufik
Mendapatkan hidayah dari Allah, bimbingan Allah, mendapatkan bantuan dari Allah, bimbingan Allah

2. Sedih
Diluar kebahagiaan yang sering dialami oleh manusia,mereka pun juga sering mengalami kesedihan. Kesedihan tersebut bukan hanya membuat mereka sakit hati, terpukul bahkan mereka juga bisa kehilangan semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Download 400 video tutorial bagus tentang Internet Marketing dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Kebahagiaan dan sedih memang berbanding terbalik. Bahagia bisa meningkatkan gairah kerja dan produktifitas seseorang namun kesedihan akan membuat seseorang menjadi mals untuk bekerja.Banyak orang yang saat ini sering larut dalam kesedihan hingga mereka menajdi putus asa dan frustasi dengan apa yang mereka hadapi.

Orang bisa sedih namun ada batasnya, bukan berarti ketika anda kehilangan sesuatu yang berharga dan anda akan terus bersedih sepanjang hidup.Ingat bahwa kehidupan tidak selamanya menyedihkan dan membuat anda terpuruk. Justru karena anda larut dalam kesedihan tersebut yang membuat hidup menajdi terpuruk dan tidak menyenangkan lagi.

• Pengertian sedih
Sedih merupakan manifestasi dari pikiran seseorang yang menggambarkan sakit hati namun semua kesedihan tersebut berasal dari pikiran.

• Sifat-sifat sedih
1. Sedih temporer
Sedih yang bersifat sementara dan bisa terjadi hanya beberapa menit atau dalam hitungan jam saja. Sedit temporer tidak akan berpengaruh besar terhadap pekerjaan dan kehidupan seseorang. Mereka yang mengalami kesedihan ini hanya beberapa saat saja bersedih namun kemudian mereka merasa bahagia kembali dan tidak merasakan sedih sebelunya.

2. Sedit kadang-kadang ( Occasional)
Perasaan sedih yang timbul secara tiba-tiba karena seseorang mengingat pada suatu keadaan. Keadaan masa lalu yang tiba-tiba teringat menimbulkan rasa sedih yang mendalam, namun kesedihan ini bisa segera diatasi ketika sesuatu yang baru muncul dan menggantikan hal yang dianggap sedih sebelumnya.

3. Sedih berat
Kesedihan yang dirasakan seseorang ketika dia mengalami sebuah depresi yang sangat berat dan membuatnya terpukul diselimuti kesedihan mendalam. Mereka yang tidak bisa bangkit dari kesedihan tipe ini justru akan menjadi orang yang tidak produktif. Kesedihan tipe ini membuat seseorang menjadi kehilangan semangat kerjanya, kehilangan gairah hidupnya dan yang paling parah dia bisa menjadi gila.

3. Mengapa Anda Happy
Bahagia bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja dan bahagia bisa ditimbulkan oleh hal yang biasa saja. Ketika seorang bahagian maka kebahagiaan tersebut banyak sebabnya. Bahagia tak harus dengan uang banyak dan mobil mewah atau karena dicintai seseorang. Menjadi bahagia adalah pilihan yang cukup mudah untuk mendapatkan kesuksesan.

Orang bisa merasakan bahagia sekallipun bahagia tersebut tanpa sebab atau karena hal yang dianggap kecil oleh orang lain.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Anda bahagia ada sebabnya dan anda bersedih juga ada sebabnya, berikut beberapa alasan mengapa adna bahagia:

• Banyak bersyukur
Bersyukur bisa dilakukan dengan mengucapkan terimakasih, saat pagi hari anda bangun tidur.

Terima kasih kepada orang yang telah membantu anda atau karena anda mendapatkan sesuatu yang sangat anda butuhkan dan berharga baik kepada Tuhan atau orang lain. Bersyukur karena Tuhan telah memberikan apa saja yang anda inginkan sekalipun itu hanya dalam bentuk kesehatan, Orang yang selalu bersyukur dia akan merasa jauh lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mensyukuri apa yang mereka dapatkan.

• Memiliki keluarga yang utuh
Berkumpul dengan keluarga, merasakan bahwa mereka sangat anda butuhkan, itu salah satu yang membuat anda bahagia dan bersemangat menjalani hidup. Keluarga yang utuh dan mereka saling mendukung aktivitas anda, mereka lah yang patut anda perjuangkan.

Ketika anda pulang kerja dan mendapati keluarga anda utuh, sehat dan tidak kekurangan apapun, inilah yang menjadikan anda semakin bersyukur.

• Melakukan hal-hal yang disukai
Lakukan hal-hal atau pekerjaan yang anda sukai, ini adalah salah satu bagian mengapa anda benar-benar bahagia saat ini. Sesuatu yang paling anda sukai akan mebuat anda semakin nyaman dan senang menjalani hidup. Namun ketika sesuatu yang anda sukai tidak pernah anda lakukan,kehidupan pun tidak akan menyenangkan lagi.

• Merencanakan hal yang disukai
Akhir pekan adalah halyang baik untuk anda dan keluarga bersantai, rencanakan beberapa hal yang bisa membuat hati anda dan keluarga senang sekalipun tidak mewah

• Nikmati waktu bersama teman
Menikmati beberapa saat waktu dalam hidup anda bersama dengan teman, untuk curhat atau melakukan hal menyenangkan, ini bisa membuat bahagia anda semakin besar

4. Mengapa Anda Sedih?
Sama halnya dengan kebahagiaan yang dirasakan seseorang, orang juga bisa sedih. Sedih tersebut banyak sebabnya dan dari hal yang kecil pun mereka juga bisa mengalami kesedihan. Berikut beberapa hal yang membuat seseorang merasa sedih:

• Tidah bersyukur
Kurang bersyukur akan membuat seseorang ingin menjadi lebih dari sekarang, ini akan membuat mereka menjadi down dan sedih. Bersyukur sebenarnya bukanlah hal yang sulit namun masih saja banyak orang yang tidak mau mensyukuri apa yang mereka dapatkan.

Tidak bersyukur membuat seseorang merasa tidak mampu mencukupi semua kebutuhannya, dia merasa kurang dan tidak pernah mendapatkan kebahagiaan. Padahal bila mereka mau melihat orang lain,masih banyak orang yang jauh lebih menderita dari apa yang mereka derita saat ini.

• Memikirkan masa lalu
Seseorang yang selalu berpikir dan mengingat terus tentang masa lalunya yang kurang menyenangkan, ini akan memperdalam rasa sedih yang dialami. Masa lalu memang sudah berlalu dan tidak ada gunanya anda memikirkannya terus menerus. Justru karena selalu mengingat masa lalu hal ini akan membuat semangat anda menurun dan tidak produktif lagi.

• Putus cinta
Cinta membuat orang bahagia namun bisa pula membuat orang menajdi sedih bahkan berkepanjangan. Sedih sering disebabkan karena seseorang mengalami putus cinta dan tidak sedikit diantara mereka yang terus larut dalam kesedihan cinta.

• Keluarga dan teman
Ketika kehilangan keluarga atau teman, kesedihan tentu dirasakan oleh seseorang sekalipun hanya sesaat atau selamanya

5. Pengaruh bahagia dalam hidup

• Karier yang sukses
Bila ingin sukses berkarier, cobalah untuk menjadi bahagia walaupun sangat sederhana. Kebahagiaan akan memudahkan seseorang untuk bekerja lebih baik dalam mencapai kesuksesannya.

Dengan kebahagiaan seseorang bisa bekerja lebih giat dan mereka akan meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja. Inilah yang membaut orang bahagia lebih produktif dan lebih sukses dibandingkan dengan orang yang tidak pernah bahagia.
• Hidup lebih sehat

Bahagia bisa membuat seseorang menjadi lebih sehat dari keadaan semula. Banyak penyakit yang bisa segera disembuhkan ketika seseorang benar-benar merasakan kebahagiaan sekalipun mereka merasakan sakit tersebut.

• Relasi yang banyak
Bahagia bisa mendatangkan relasi yang banyak. Ketika seseorang bahagia, aura akan terpancar luar biasa dan ini bisa menarik simpati banyak orang disekitarnya.

6. Pengaruh sedih dalam hidup
• Mengganggu pekerjaan
Seseorang yang larut dalam kesedihan tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan sangat mengganggu konsentrasi kerjanya.

• Merusak karier
Kesedihan yang berkepanjangan justru akan merusak karier seseorang

• Kondisi tubuh menjadi drop
Sedih bisa membuat orang lupa makan dan lupa dengan kesehatannya, pada akhirnya akan membuat tubuh drop.

7. Productive dan Productive People

• Produktive
Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan atau menciptakan kegunaan atau utility bentuk maupun kegunaan waktu.

• Produkctive People
Seseorang yang memberikan kontribusi kepada lingkungannya, perusahaan atau lainnya untuk menciptakan atau mengembangkan kegunaan bentuk maupun waktu. Seseorang yang memiliki kreativitas, inovatif maupun memiliki imajinasi yang tinggi terhadap segala hal.

Productive people adalah mereka yang matang secara psikologis dan bertanggung jawab serta sangat responsive pada lingkungan sekitarnya.

Ciri Productive People
• Mandiri
Kemandirian sangat penting bagi seseorang dan ciri dari manusia yang produktif diantaranya adalah memiliki sikap mandiri yang tinggi. Dengan kemandiriannya dia mampu menyelesaikan semua hal yang harus dia kerjakan.

• Kritis serta objektif
Seorang yang produktif juga memiliki pandangan yang kritis, mereka akan terus mencari tahu tentang apa yang dilihatnya hingga menemukan jawaban yang tepat dan akurat.

• Mampu mengendalikan emosi
Orang yang mampu mengendalikan emosinya, dia jauh lebih bahagia dibandingkan orang yang selalu emosi dalam menjalani hidup. Orang produktif akan mencegah emosinya meledak dan dia akan menahan emosi hingga menemukan solusi yang tepat dibandingkan harus marah-marah yang tak jelas.

• Mampu beradaptasi terhadap lingkungan
Produktive people adalah mereka yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dimanapun mereka berada. Karena mereka memiliki keinginan yang kuat untuk mendapatkan sesuatu yang berarti sehingga mereka akan terus meningkatkan kualitasnya dengan adaptasi yang baik terhadap lingkungan.

• Memiliki tanggung jawab yang tinggi
Seorang yang produktif kaan bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukannya. Dia jauh lebih bertanggung jawab dengan pekerjaan yang akan diselesaikannya tanpa harus memikirkan imbalan jasa terhadap tanggung jawabnya.

• Memiliki keimanan yang cukup kuat
Iman memang menajdi bagian dalam hidup seseorang, keimanan yang kuat membuat orang tersebut mampu menjadi orang yang lebih baik dan lebih produktif.

8. Happy and Productive People

• Membuat prioritas
 Menentukan pekerjaan yang paling utama untuk dikerjakan
 Memiliki kompetensi untuk melebarkan aktivitas yang produktif
 Memfokuskan dan menghabiskan waktu untuk hal yang dianggap lebih produktif

• Melakukan segala hal dengan efisien
 Sesuatu yang dilakukan dengan baik akan memberikan kesenangan dan akan menghabiskan waktu lebih sedikit
 Hindari memilih dan mengambil sesuatu yang sulit dilakukan dan dipelajari bila anda tidak mampu
 Merancang kehidupan sesuai dengan yang anda inginkan
 Bentuklah hidup anda sesuai dengan desain tersebut bukan mendesain kegagalan

• Pengelolaan aktivitas yang menguras banyak waktu
 Hitung dan buatlah alokasi waktu yang anda butuhkan untuk altivitas utama dan aktivitas yang kurang utama
 Membatasi aktivitas yang kurang mendukung dan membuat anda down

• Jadilah pribadi yang tenang
 Tenang bisa membawa kesuksesan
 Lakukan aktivitas dan pekerjaan dengan tenang namun penuh dengan tanggung jawab
 Teruslah melakukan perbaikan pada bentuk yang lebih produktif yang lebih menyenangkan
 Setiap pekerjaan yang berhasil diselesaikan merupakan kesuksesan kecil untuk mempercepat langkah anda pada cara yang lebih besar lagi

cover facebook