Strategi Investasi Terbaik dengan Emas atau Logam Mulia

Dalam kondisi yang serba tidak pasti seperti sekarang ini, tingkat kewaspadaan dan kesadaran pada resiko sangatlah penting, termasuk resiko sistematik,sangat penting untuk terus dipertimbangkan.

Kesuksesan dalam berinvestasi akan berkaitan terkait erat dengan diversifikasi dan juga kemampuan dalam mengelola manajamen resiko yang terbaik.

Dengan kata lain, sebaiknya Anda jangan menaruh semua uang Anda dalam satu instrumen investasi saja, hal tersebut karena kondisi pasar bisa saja anjlok dan disini nada akan menanggung kerugian jika Anda tidak mendiversifikasi investasi Anda dengan cara tepat dan cerdas.

Perlu diketahui, portfolio investasi yang sehat harus mampu mencakup range aset yang banyak jenisnnya, yang terdiri dari beragam ekuitas, properti, investasi saham, komponen tunai dimana didalamnya termasuk alokasi investasi pada logam mulai dan emas batangan.

Intinya adalah, kunci keberhasilan Anda terletak pada cara and auntuk menentukan jumlah yang tepat dari setiap jenis aset dan juga keputusan untuk memiliki aset yang akan bisa bertahan dari serangan inflasi, serangan deflasi, kondisi stagflasi dan mampu bertahan dalam badan hiperinflasi.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Untuk itu, demi menunjang wawasan Anda terkait investasi dan bagaimana cara bermain aman dalam investasi, berikut kita akan bahas tentang topik investasi yang lebih khusus lagi mengenai investasi dalam emas batangan, supaya Anda bisa menikmati hasil kerja keras Anda dengan maksimal tanpa mendapatkan kerugian akibat beberapa kondisi yang telah disebutkan diatas.

Motivasi Investasi Emas
Sekarang ini, banyak sekali orang yang mencari dan memutuskan untuk membeli emas batangan, salah satu alasannya adalah, karena emas batangan ini memiliki karakteristik yang unik dalam hal ketahanan akan berbagai situasi ekonomi, keindahan akan kilauannya, kelangkaan dan tentu saja statusnya sebagai alat tukar dan mata uang universal yang sudah dikenal selama berabad-abad lamanya. Dengan memiliki emas batangan, hal ini berarti Anda memiliki uang yang nilainya tetap stabil.

Bagi negara, logam mulia yang sangat menyilaukan ini merupakan alat tukar internasionalterbaik sekaligus sebagai instrumen investasi yang digunakan untuk mempertahankan kekayaan dan lebih meningkatkan kembali kekuatan ekonomi negara.

Di sisi lain, untuk individu atau perorangan seperti kita, emas batangan ini kerap dimanfaatkan sebagai salah satu instrumen proteksi dan sebagai jaminan atas investasi yang telah kita lakukan, bertahan dalam penurunan nilai uang, memproteksi resiko makroekonomi dan geopolitis serta untuk menyimpan kekayaan dengan cara yang efektif.

Dengan segala macam kelebihan yang dimiliki oleh emas batangan, maka sangat pantas kalau emas batangan ini harus selalu Anda sertakan dalam diversifikasi portfolio investasi Anda.

Selain itu, faktor utama investasi, atau dalam hal ini adalah membeli emas batangan, perhitungannya sekarang ini bukan berdasarkan banyaknya dana yang Anda punya, tapi seberapa cepat Anda mulai berinvestasi pada emas batangan ini. Perhitungannya, semakin cepat Anda berinvestasi, maka akan semakin aman Anda dalam mengamankan aset kekayaan Anda.

Perlu Anda sadari, motivasi utama Anda dalam membeli emas ini akan sangat menentukan bentuk investasi emas yang Anda pilih.

Apakah Anda berperan sebagai spekulator, apakah Anda bermain sebagai investor atau apakah Anda bermain sebagai penabung?

Berdasarkan jangka waktunya, perhitungan yang harus Anda ketahui apakah Anda ingin mengambil posisi spekulatif dalam jangka pendek?Apakah Anda ini akan berinvestasi untuk jangka menengah atau berinvestasi dalam jangka panjang?

Atau bisa juga Anda akan bermain dalam mendiversifikasi, bermain menyimpan atau bisa juga menggunakan emas hanya sebagai hedging atau jaminan keuangan Anda yang merupakan salah satu fungsi utama dari emas batangan?

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Semua faktor tersebut tentu saja akan sangat mempengaruhi gaya investor dalam berinvestasi dan memotivasi membeli dalam membeli emas batangan.

Untuk petunjuk dasar dan panduan utama dalam membeli emas batangan, diversifikasi portfolio yang tepat ini haruslah mencakup alokasi investasi jangka panjang, dimana emas ini akan berperan antara 5 sampai dengan 15 persen pada emas fisik atau membeli emas batangan.

Perlu Anda ketahui, seperti halnya rumah keluarga, Anda tidak bisa menganggap emas ini sebagai sebuah investasi atas solusi keuangan Anda, melainkan lebih kepada sebagai jaminan keuangan dan juga jaminan simpanan yang tidak Anda diperjualbelikan dikemudian hari. Khusus dalam emas batangan seperti ini, sifatnya sama seperti asuransi karenanya emas batangan hanya merupakan alat penjamin keuangan keluarga Anda.

Sedangkan untuk tujuan jangka panjang, and aharus mengetahui kalau waktu yang paling tepat untuk membeli emas batangan adalah ketika Anda memiliki uang untuk membeli emas tersebut, hal tersebut karena kecenderungan harga emas ini akan terus naik dari waktu ke waktu dalam jangka yang sangat panjang.

Untuk itu, strategi terbaik yang bisa Anda gunakan dalam berinvestasi emas adalah dengan cara membeli sejumlah emas secara rutin, minimalnya setiap bulan tanpa melihat harga emas yang bergerak saat itu. Tapi untuk sebagian investor, penggunaan strategi dapat dikategorikan sebagai strategi untuk memperkecil resiko kerugian yang bisa saja terjadi dari waktu ke waktu.

Lantas bagaimana kalau investor ingin berinvestasi dalam jangka pendek atau jangka menengah? Cara terbaik untuk investasi tujuan jangka pendek maupun menengah jangka menengah dengan menggunakan emas batangan, sebagai investor, Anda bisa berinvestasi emas ini dengan cara memanfaatkan teknik berkebun emas yang bisa Anda pelajari dari berbagai sumber yang Anda percaya.

• Pertimbangan Biaya Aset dan Lainnya
Setelah Anda menentukan motivasi dalam berinvestasi emas batangan, selanjutnya ada pertimbangan utama berikutnya yang merupakan salah satu alasan pokok, yakni biayanya yang dapat dikategorikan dalam biaya tahunan, kondisi kedekatan pada aset Anda dan salah satu yang paling penting adalah faktor resiko itu sendiri.

Kalau Anda menyimpan emas di pihak ketiga, sebiaknya Anda pastikan kalau Anda berhubungan langsung dengan pihak ketiga tersebut tanpa melalui pihak perantara atau broker,yang tentunya bisa memperbesar resiko Anda. selain itu, pertimbangan lainnya juga adalah kemampuan Anda untuk menyerahkan emas tersebut ketika terjadi krisis yang secara menyeluruh atau krisi global.

Dalam membeli emas batangan sekaligus memegang emas dalam portfolio, maka Anda dapat memperoleh profit nyata dalam bentuk keuntungan yang spekulatif, hedgingterhadap berbagai resiko ekonomi makro dan juga geopolitis atau pemeliharaan kekayaan.

Seperti dijelaskan diatas, emas merupakan uang dan aset utama yang sangat handal dan terbukti ampuh unutk mempertahankan aset dan mampu meneruskan kekayaan kepada keturunan Anda nanti tanpa berkurang nominalnya.

Download 400 video tutorial bagus tentang Internet Marketing dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Ketika jumlah basis kepemilikan atas emas batangan ini sudah tercapai dalam portfolio Anda, maka sudah bisa dipastikan kalau instrumen investasi lainnya seperti saham dan mutual funds ataupun bentuk investasi emas lain yang lebih spekulatif ini bisa mulai dipertimbangkan oleh Anda dengan seksama.

Seorang investor yang sudah sangat berpengalaman dan memiliki wawasan yang sangat luas dalam dunia investasi, sudah pasti telah lama mengetahui kalau membeli emas batangan maupun bentuk investasi emas yang lain ini bisa menjadi pilihan investasi yang sangat solid dan tahan dari berbagai kondisi ekonomi.

Investasi emas ini sangat stabil pada masa ketidakseimbangan geopolitis global seperti sekarang ini, dalam kondisi ketidakpastian ekonomi, dalam kondisi resesi ataupun dalam depresi.

Maka dari itu, sangat penting untuk melihat portfolio investasi Anda secara keseluruhan dari mulai sekarang. Kalau hal ini dilakukan dengan cara yang tepat, emas dan investasi yang terkait ini bisa menjadi sebuah komponen yang sangat efektif dan tentu saja akan sangan menguntungkan dalam portfolio investasi yang terdiversifikasi dengan tepat dan cermat.

• Penyebab Harga Emas Naik
Sudahmenjadi hal yang sangat lumrah, apalagi pada kalangan orang-orang tua, kalau emas merupakan pilihan yang sangat memungkinkan untuk berinvestasi. Bahkan orang tua kita selalu menyarankan untuk menabung dalam bentuk emas. Baik itu menabung dalam entah emas batangan alias logam mulia atau menabung dalam bentuk emas perhiasan yang memiliki nilai stabil.

Sekarang ini, banyak orang yang akhirnya menuruti semua saran orang tua kita, apalagi harga emas ini memang dikenal selalu naik dalam beberapa tahun terakhir ini. Tapi sayangnya, banyak pula yang akhirnya menjadi bingung dengan saran investasi yang disarankan orang tua tersebut, hal ini karena mereka kurang memahami seluk beluk investasi dalam bentuk emas.

Tapi untuk memantapkan strategi Anda dalam berinvestasi emas batangan, Anda harus mengetahui beberapa penyebab kondisi harga emas batangan ini tidak stabil.

– Adanya nilai tukar dolar yang terus menerus meningkat secara drastis
– Akibat adanya nilai inflasi yang sangat tinggi
– Adanya kejadian darurat, seperti terjadinya kerusuhan yang berskala nasional

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Selama ketiga faktor tersebut tidak terjadi kepada kita, sudah pasti harga emas hanya akan naik sedikit demi sedikit tapi pasti.

Tapi walaupun begitu, sebagai investor Anda jangan khawatir karena dengan memiliki emas, maka Anda bisa dikatakan memiliki uang tunai yang bisa kapan saja Anda belanjakan. Jal tersebut karena sifat emas batangan yang sangat mudah untuk dijual alias likuid.

Hal inilah yang dinilai menjadi salah satu keuntungan dari investasi emas batangan.

Strategi Utama Investasi Emas
Saham seperti investasi dalam bentuk yang lainnya, investasi dalam bentuk emas batangan juga harus didukung oleh strategi investasi yang mumpuni.

Hal tersebut karena tanpa adanya strategi yang Anda kerjakan, maka Anda bisa saja kehilangan arah dan akhirnya menjadi gegabah dalam berinvestasi emas ini.

Dalm urusan emas ini, untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik dan bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan secara jangka pendek, secar khusus Anda bisa melakukan beberapa alternatif investasi seperti yang disebutkan dalam beberapa point berikut ini.

• Strategi Investasi Emas Bagi Anda yang Tidak Mempunyai Uang Cukup
Emas dikenal sebagian instrumen investasi yang dapat dipakai sebagai hedging atau yang dikenal sebagai teknik melindungi nilai uang dari inflasi mata uang di seluruh dunia, maka secara khsusus strategi yang paling umum dilakukan adalah dengan cara menabung hingga tercapai harga emas jenis LM atau harga emas dalam bentuk logam mulia, setelah itu Anda bisa langsung membelinya.

Contohnya saja, sekarang ini harga emas yang ada dipasaran adalah 500 ribu/gram, maka Anda harus membeli minimal lima gram, dan secara khusus dana yang butuhkan untuk mendapatkan emas tersebut adalah 2,5 juta.

Setelah Anda memiliki dana tersebut, maka Anda bisa langsung membelinya ke PT Aneka Tambang, Tbkatau yang kita kenal dengan nama PT ANTAM.

Selain itu, Anda juga bisa membeli emas batangan ini di toko-toko emas yang memang memiliki sertifikat langsung dari PT ANTAM.

Selain itu, Anda juga sangat disarankan supaya Anda mendatangi PT Pegadaian dengan tujuan untuk membeli emas dengan cara mencicil. Tentunya ini bisa Anda sesuaikan dengan jangka waktu yang tertera dalam perjanjian yang diajukan pihak penggadaian.

Misalnya saja, cicilan yangdilakukan dalam waktu tiga atau enam bulan dengan catatan Anda harus membayar uang muka alias down payment terlebih dahhulu.

Startegi Investasi Emas bagi Anda yang Mempunyai Uang Pas-Pasan
Kalau Anda memiliki dana darurat sebesar tiga sampai 24 kali pengeluaran rutin bulanan Anda, di sini Anda harus menyesuaikan dengan banyak anggota keluarga dan di luar perlindungan asuransi, strategi investasi emas batangan yang bisa Anda gunakan adalah membeli ketika harga sedang rendah dan menjual kembali ketika harga emas tersebut sedang tinggi.

Tapi dalam hal ini, Anda juga bisa membeli ketika Anda memiliki uang tunai, kemudian Anda ssimpan dengan aman dalam waktu yang cukup lama, setelah itu bisa Anda jual ketika memang sangat diperlukan.

Dengan strategi ini, maka perhitungannya, semakin banyak emas batangan yang sekarang ini Anda miliki, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan selisihnya dalam bentuk profit yang akan semakin membesar dan terus bertambah dari tahun ke tahun.

• Strategi Investasi Emas untuk Pengembangan
Ada beberapa perbedaan yang sangat mendasar antara strategi emas yang disebutkan diatas dengan strategi investasi emas batangan untuk tujuan investasi emas untuk pengembang, strategi yang dilaksanakan berikut ini bertujuan untuk investasi masa depan Anda.

• Punya Uang untuk Berdagang
Kalau Anda sudah lepas atau bisa memenuhi semua kebutuhan sehari-hari Anda tanpa adanya kekurangan apapun, strategi ini bisa Anda gunakan untuk total berinvestasi dalam bentuk emas batangan. Tentu saja ini dengan asumsi kalau harga emas ini cenderung naik.

Tidak hanya bisa membeli emas batangan saja, Anda juga harus mempunyai dana tunai untuk guna menggadaikan emas Anda di pegadaian. Dengan memiliki selisih yang timbul dengan cara beli-gadai-beli, maka Anda akan mempunyai keuntungan yang lumayan besar kalau dibandingakn dengan hanya beli ketika ada uang, kemudian menyimpannya dengan aman, serta menjual emas tersebut ketika diperlukan.

Tapi yang perlu Anda ingat, ketika berinvestasi dalam bentuk emas, tetap Anda juga memiliki risiko yang lumayan besar, karena ada waktu tertentu dimana harga emas ini akan turun, awalaupun penurunanya tidak akan signifikant seperti bentuk investasi lainnya.

• Punya Uang Berlebih
Untuk Anda yang suka bermain-main dalam hitungan investasi, Anda juga bisa menggunakan sebuah strategi unik dengan siset, beli rendah dan jual tinggi kemudian beli tinggi dan gadai rendah.

Sayangnya, strategi ini sangat membutuhkan analisis dan perhitungan yang sangat matang. Disini yang Anda lakukan adalah harus mempunyai timing yang sangat tepat, yakni ketika harga turun barulah Anda gadai dan beli emas lagi.

Di sisi lain, kalau harga emas tersebut sedang beranjak naik, maka Anda bisa menggunakan strategi yang punya uang untuk dagang.

Tentu saja dengan strategi ini, maka Anda kemungkinan besar akan memiliki keuntungan yang berlipat-lipat, tapi tetap saja faktor risiko untuk nombok tetap ada. Dan ini harus Anda perhitungkan lagi.

Sebagai catatan, Anda juga harus mampu menghitung adanya selisih biaya sewa atau safe deposit box atau SDB di bank atau jasa titipan di PT Pegadaian, hal tersebut karena untuk tempat penyimpanan emas dengan tingkat pengembalian investasi kita atau Return Of Investment selama jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh pihak penggadaian atau bank tempat Anda menyekolahkan emas Anda.

cover facebook