Cara Menemukan Passion dan Meningkatkan Motivasi Kerja

Kerja dan gairah, keduanya mungkin menjadi pasangan yang bisa membuat anda mengalami perubahan. Kerja tanpa gairah bahkan hidup yang tidak memiliki gairah, ini akan membuat waktu dan tenaga anda sia-sia.

Gairah hidup sama halnya gairah saat anda bekerja, hidup yang penuh gairah bisa membuat anda semakin mudha dalam menjalani kehidupan dan mengatasi rintangan yang timbul.

Namun ketika hidup tak memiliki gairah, jangan harap anda bisa menikmati hidup yang benar-benar indah ini. Saat pagi hari, anda bisa melihat betapa indahnya sang surya menatap anda, gairah hidup akan bergejolak saat anda membuka mata dan membuka jendela kamar.

Sayangnya mengapa masih banyak orang yang tidak memiliki gairah dalam hidupnya. Gairah memang terlihat sederhana namun efeknya sangat luar biasa bagi hidup anda. Bila anda ingin memiliki masa depan yang bagus, mulailah menjalani hidup dengan gairah dan temukan gairah anda saat anda terbangun dari tidur di pagi hari.

Gairah sangat penting untuk mengatur kesadaran anda, bagaimana anda meberikan perhatian kepada orang lain dan diri anda sendiri.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Selain itu ketika anda memiliki gairah yang bagus maka segala jenis informasi yang didapatkan bisa dikelola dengan baik. Coba saja anda tidak bergairah, maka beberapa informasi yang anda dapatkan mungkin akan berlalu begitu saja.

Orang yang tidak memiliki gairah dalam hidupnya, mereka cenderung digolongkan kedalam orang yang merugi dan jauh dari kesuksesan. Orang yang tidak bergairah cenderung akan bermalas-malasan tiap harinya, apa yang dia kerjakan kadang tidak sesuai dengan keinginan atasan atau keinginan dirinya sendiri.

Bila anda ingin menjadi orang yang sukses maka temukan gairah anda dan ini akan menjadi dorongan yang sangat kuat untuk perubahan yang besar dalam hidup anda. Orang yang bergairah cenderung mau melakukan berbagai hal yang dianggapnya tepat. Efeknya ini akan memudahkan mereka menyelesaikan semua tugas yang telah dibebankan kepadanya.

1. Passion
• Pengertian

Passion : nafsu, gairah

Pengertian umum
Gairah merupakan suatu keadaan fisiologis maupun psikologis yang reaktif terhadap suatu rangsangan. Gairah akan melibatkan batak otak, sitem saraf otomom maupun sistem endokrim untuk mengaktivasi sistem retikuler sehingga akan meningkatkan detak jantung , mobilitas, tekanan darah untuk respon yang lebih aktif. Beberapa sistem saraf dalam tubuh akan terlibat secara kelompok dan sering dinamakan oleh sistem gariah.

Sistem gairah tersebut yaitu asetilkolin, serotonin, neurotransmitter otak, dopamine maupun neropinefrin. Jika sistem gairah bekerja maka daerah sistem saraf akan menerima rangsangan lebih sensitive dan lebih respon terhadap rangsangan tersebut. Gairah sangat penting untuk mengatur perhatian, kesadaran dan pengolahan informasi yang masuk ke otak. Gairah akan memotivasi tindakan seseorang maupun penting bagi aktivitas seksualnya.

Pengaturan berbagai hal dalam hidup seperti kesadaran otak, emosional dan juga pengolahan serat penyimpanan informasi sangat erat kaitannya dengan gairah.

Gairah bisa menjadi motivasi yang kuat untuk seseorang, namun motivasi tersebut sering disalah gunakan dengan tujuan yang kurang baik. Gairah seseorang berpengaruh juga dengan emosiaonalnya. Seorang yang memiliki gairah juga memiliki emosi yang kuat, namun emosi tersebut juga harus dijaga agar tidak merusak gairah yang ada.

• Gairah dan kerja
Gairah berhubungan dengan kerja dan tugas seseorang di kantor, di rumah atau dimana saja. Ada tingkatan yang optimal dari gairah untuk kinerja, gairah yang sedikit atau gairah yang banyak akan berpengaruh besra terhadap tugas anda. Gairah merupakan penggambaran dari respon terhadap suatu hal yang sangat sulit dengan subjek yang memiliki kemampuan moderat.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Orang yang bekerja dengan penuh semangat, dia cenderung memiliki gairah yang luar biasa. Berbeda dari orang yang tidak pernah memiliki gairah, mereka selalu bekerja tanpa semangat apapun, yang ada hanya sikap bermalas-malasan dan tidak ingin meningkatkan etos kerjanya.

Kerja harus dengan gairah karena gairah bisa menjadi penyemangat dan motivasi untuk bekerja lebih baik.

Bila gairah selalu ada dalam hidup maka seseorang bisa mencapai kesuksesannya dengan mudah. Hal ini berbeda dari mereka yang tidak memiliki gairah dalam hidupnya, mereka akan jauh dari kesuksesan. Orang malas, akan menjadi malas selama mereka tidak memiliki gairah, sedangkan orang sukses selamanya akan menjadi sukses karena mereka selalu memiliki gairah dalam hidupnya.

2. How About Your Passion?
• Mengapa Gairah anda Naik?
Gairah bisa naik dan juga bisa turun bahkan menghilang. Ketika gairah naik maka seseorang cenderung untuk giat melakukan apa saja. Bila gairah turun maka mereka akan malas untuk melakukan apa saja.

Gairah hilang, semua pekerjaan akan hilang juga, berantakan dan bisa menimbulkan kekacauan. Gairah sangat dibutuhkan untuk menjalani hidup, bekerja dan apa saja. Seseorang yang sukses biasanya memiliki gairah yang lebiih besar dibandingkan mereka yang tidak memiliki gairah sama sekali.Banyak gairah membuat orang menjadi lebih bersemangat bekerja. Seseorang yang memiliki sedikit gairah semangat kerja juga akan sedikit.

Faktor penyebab gairah naik
• Faktor dari dalam
Gairah dipengaruhi oleh kondisi diri seseorang bukan karena pengaruh lainnya.

Gairah akan naik bila mereka memiliki motivasi untuk mengejar apa yang mereka inginkan. Misalnya saja ketika seseorang ingin membeli mobil, dengan keinginan tersebut mereka akan bergairah dalam menjalani hidup. Gairah tersebut seperti motivasi untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan yaitu sebuah mobil.

Gairah dari dalam pun juga bisa timbul ketika seseorang mendapatkan motivasi dari orang yang dicintai. Dukungan dari seorang yang dicintai membuat mereka menjadi lebih bergairah dalam menjalani hidup.

Motivasi tersebut seperti dorongan yang luar biasa dan membuatnya menjadi lebih baik dari keadaan semula. Manusia memiliki gairah yang berbeda-beda tingkatannya, ada yang mudah bergairah, sangat sulit untuk menerima respon agar bergairah dan lainnya. Sekalipun mereka mendapatkan motivasi dari dalam dirinya namun gairah tersebut sulit didapatkan.

Beberapa faktor dari dalam yang berpengaruh terhadap gairah seseorang adalah:
• Ambisi
Mengapa banyak orang yang bisa sukses? Pertama yang mereka lakukan adalah semangat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, mengejar cita-cita dan tiak ingin kalah dengan orang lain.

Download 400 video tutorial bagus tentang Internet Marketing dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Mereka bisa mencapai kesuksesan bila mereka memiliki gairah. Bukan hanya gairah untuk bekerja namun mereka juga membutuhkan gairah untuk bertahan hidup.

Semakin kuat ambisi seseorang maka semakin besar gairah mereka, semakin mereka tidak bergairah maka ambisi untuk sukses tidak akan pernah mereka dapatkan.

• Menambah ilmu
Gairah bukan hanya untuk memyemangati seseorang untuk giat bekerja, mannun gairah juga bisa meningkatkan keinginan seseorang untuk menambah ilmu pengetahuan yang dimiliki. Bila siswa tidak memiliki gairah belajar, apakah mereka akan lulus ujian?

Seorang yang sukses akan memiliki gairah untuk terus belajar agar mereka lebih sukses kedepannya. Ilmu yang mereka dapatkan bisa menjadi alat untuk memperoleh kesuksesan. Gairah dalam mencari ilmu terjadi karena mereka memiliki tujuan agar bisa memenuhi keinginan bukan hanya keinginan dirinya sendiri namun juga keinginan orang lain.

Faktor dari luar

Gairah timbul bukan hanya faktor dari dalam diri seseorang saja namun gairah tersebut juga bisa muncul karena faktor dari luar. Seseorang yang mendapatkan tekanan atau tuntutan dari luar , mereka cenderung memiliki gairah tinggi. Tapi tekanan luar atau dorongan dari luar yang berlebihan justru bisa membuat orang tersebut menjadi turun gairahnya.

Berikut beberapa faktor dari luar yang bisa menimbulkan gairah seseorang:
• Tuntutan keluarga
Gairah bisa meningkat ketika keluarga menuntut anda untuk mendapatkan sesuatu yang lebih. Semangat dan gairah untuk bekerja akan lebih terpicu karena tuntutan tersebut. Bila anda tidak memmiliki gairah atau semangat yang tinggi tentu apa yang diharapkan keluarga tidak akan tercapai. Sementara anda adalah kepala keluarga sehingga anda bisa meningkatkan gairah untuk berjuang demi keluarga tercinta.

• Tuntutan karier
Siapaun pasti menginginkan kariernya naik dan menjadi orang yang sukses. Ketika karier harus dikejar maka seseorang akan lebih bergairah untuk lebih mengembangkan potensi yang dimilikinya. Gairah tersebut akan meningkatkan semangat mereka sehingga apa yang diinginkan akan mudah dicapai. Karier bisa menjadikan seseorang menjadi lebih bersemangat dalam hidupnya, ketika anda ingin mendapatkan karier yang gemilang, mustahil bagi anda untuk bermalas malasan.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Jika ingin karier bagus maka anda harus meningkatkan etos kerja dengan cara memupuk gairah hidup dan gairah di tempat kerja. Karena memiliki gairah yang tinggi anda pun bisa lebih bersemangat dalam menghadapi semua persoalan di rumah maupun di tempat kerja.

• Lingkungan
Lingkungan membuat seseorang menjadi bergairah namun lingkungan juga bisa membuat gairah menurun. Ketika seseorang mendapatkan pujian atau penghargaan dari lingkungan sosial maka dia akan lebih bergairah. Ketika lingkungan anda sangat menyenangkan maka gairah akan naik dengan sendirinya, namun gairah akan turun bahkan menghilang karena lingkungan yang membosankan, tidak nyaman lagi dan tidak mendukung karier anda.

• Cinta
Cinta membuat siapa saja bergairah, cinta bisa membuat orang lebih bersemangat dan lebih terpicu untuk menjadi lebih baik. Kekuatan cinta juga bisa menjadi motivasi yang besar terhadap hdup anda. Bila anda merasa dicintai dan pasangan memberikan perhatian yang lebih kepada anda, maka anda akan merasakan hidup yang penuh dengan gairah. Gairah ini akan mempengaruhi hidup dan cinta anda bahkan akan mengubah diri anda sendiri.

Mengapa gairah menurun?
• Masalah
Masalah yang tak kunjung teratasi akan membuat gairah menjadi turun. Seseorang yang malas untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, mereka adalah orang yang menyebabkan gairah menjadi turun.

Stres karena masalah bahkan bisa menghilangkan gairah kerja, gairah hidup maupun gairah seksual seseorang. Orang yang stres, putus asa dan depresi berat mereka cenderung tidak memiliki gairah, secara tidak sadar gairah mereka akan menurun dan kehidupan yang dijalaninya tidak akan seindah dulu.

• Kegagalan
Gagal mendapatkan sesuatu, jika hal ini terus dipikirkan justru akan menghilangkan gairah hidup anda. Kegagalan bisa membuat seseorang menjadi depresi dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk merenung.

Mereka tidak memiliki gairah hidup, gairah kerja dan gairah seksual lagi. Padahal bila mereka melihat bahwa kegagalan itu awal dari kesuksesan mereka, maka gairah tidak akan menghilang dan menurun. Anggap saja kegagalan yang anda alami adalah kesuksesan yang tertunda, bila hal ini dibuat santai maka gairah tidak akan turun, justru gairah akan terus ada sekalipun anda mengalami kegagalan.

• Patah hati
Hampir sama dengan kegagalan, gairah akan hilang karena patah hati. Ketika seseorang mengalami kegagalan dalam bercinta maka dia akan kehilangan gairah dalam hidup maupun gairah dalam bekerja.

Patah hati bisa menjadikan seseorang tidak lagi bersemangat bahkan bisa merusak pekerjaan yang sedang dijalani. Konsentrasi mereka akan terpecah memikirkan masalah cinta dan mereka tidak akan mampu mengerjakan pekerjaan prioritasnya dengan baik.

3. How To Find and Realize Your Passion
Siapa saja bisa mengetahui kapan mereka memiliki gairah dan dimana mereka harus mendapatkan gairah tersebut. Anda akan menemukan gairah anda sendiri dengan mudah ketika anda mengetahui beberapa hal dibawah ini:

• Ketahui keinginan anda
Ketika anda mengetahui apa yang anda inginkan, maka gairah akan muncul dengan sendirinya. Gairah tersebut akan memicu anda agar lebih mudah mendapatkan apa yang diinginkan. Tanpa gairah akan sulit mendapatkan yang diharapkan.

Semangat akan terpicu ketika gairah yang dimiliki semakin meningkat. Jika anda menginginkan kendaraan baru yang mewah, ini akan membuat anda bergairah dalam mewujudkan apa yang anda inginkan.

• Ketahui kelemahan anda dan cari solusinya
Kelemahan akan membuat gairah menurun, namun jika kelamahan anda dapat diatasi maka gairah akan meningkat. Ketahuilah apa saja kelemahan anda dan carilah solusi bagaimana mengatasinya. Setelah kelemahan hilang maka anda akan semakin bergairah dan ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan kesuksesan.

• Buatlah daftar keinginan yang harus anda capai
Buatlah daftar tentang keinginan apa saja yang akan anda caoai dalam waktu dekat. Ini akan memicu gairah anda untuk segera mewujudkannya. Semakin anda membuat daftar yang konkrit dan efektif maka semakin mudah anda menemukan gairah hidup dan kerja.

• Sadari bahwa anda sangat berharga bagi orang lain
Ketika anda sadar bahwa orang lain membutuhkan anda maka anda akan semangat untuk melakukan sesuatu yang lebh baik. Gairah akan muncul dengan sendirinya ketika orang lain membutuhkan anda. Gairah tersebut membuat anda akan semakin yakin bahwa orang lain akan selalu membutuhkan anda.

• Anda ingin mengubah hidup lebih baik
Bila anda ingin mengubah hidup, semangat sangat diperlukan. Semangat berhubungaan dengan gairah anda. Semangat muncul karena gairah yang tinggi, gairah akan membuat anda bisa mengubah hidup yang biasa saja menjadi lebih baik.

Orang yang sukses dan berhasil mengubah hidupnya, mereka selalu bergairah dalam segala hal termasuk dalam bekerja.

4. Passion and Work
Gairah= semangat kerja= sukses
Kerja butuh gairah, gairah bisa membuat semangat kerja semakin tinggi. Setelah semangat bekerja maka akan mudah anda menyelesaikan semua pekerjaan dan mudah pula meraih kesuksesan.

Ketika anda bergairah, yakin bahwa gairah tersebut akan membuat pekerjaan anda semakin baik dari sebelumnya.

Semangat yang anda miliki akan menggebu- gebu bahkan anda bsia menyelesaikan pekerjaan jauh di atas target yang ditentukan. Dalam hal ini jelas bahwa semakin tinggi gairah anda maka semakin bersemangat anda dalam bekerja, demikian sebaliknya. Ketika anda malas bekerja maka gairah anda akan menghilang dan menurun secara drastis.

Passion and Work
• Mengubah suasana baru dikantor bisa mengubah gairah anda
• Menjalin hubungan yang lebih baik dengan rekan kantor akan meningkatkan gairah kerja anda

• Penghargaan dari atasan membuat semangat kerja menjadi lebih terpicu, gairah kerja akan timbul dengan cepat untuk mendapatkan penghargaan kembali

• Menyelesaikan pekerjaan yang berat terlebih dulu
Gairah kerja kadang hilang ketika harus menyelesaikan pekerjaan yang sulit, namun ketika pekerjaan yang berat dikerjakan terlebih dulu, maka gairah kerja akan terus terjaga

• Menyusun rencana kerja yang lebih efektif
• Berikan waktu untuk hal pribadi anda
Jangan melupakan hal yang pribadi dan anda sukai untuk membangkitkan gairah kerja. Luangkan waktu untuk beristirahat atau tidur agar gairah anda tidak menurun.

cover facebook