Manfaat BPJS Bagi Dana Kesehatan Anda

Kesehatan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam hidup ini bahkan bisa dibilang paling penting. Tanpa kesehatan maka kita manusia tidak akan bisa melakukan apapun dengan baik entah itu bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Memang sebenarnya kesehatan sudah dianugerahkan oleh Tuhan kepada kita dengan sedemikian baiknya akan tetapi entah kenapa manusia seringkali melakukan hal-hal yang justru dapat memicu dirinya sendiri untuk menjadi sakit. Misalkan saja manusia merokok, mengkonsumsi alcohol dan juga obat terlarang. Jelas sudah terlihat dampaknya akan seperti apa.

Mungkin bagi kalangan mampu secara financial jika ingin merusak dirinya seperti apapun juga tidaklah menjadi suatu masalah hanya saja mayoritas masyarakat di Indonesia ini masih berasal dari kalangan yang kurang mampu tetapi juga tidak mengindahkan kesehatannya sendiri sehingga ketika sakit tiba mereka selalu kelimpungan harus mencari tambahan uang dimana.

Sedangkan untuk membayar premi asuransi yang terkadang harganya cukup tinggi masyarakat menengah kebawah jelas tidak mampu.

Ini adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan pemerintah kita untuk mengadakan program bantuan kesehatan dengan premi yang sangat rendah yang bisa menjamin kalau-kalau suatu saat masyarakat harus sakit. Program ini dijalankan oleh BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Adanya program kesehatan dari BPJS ini tentu saja sangat membantu karena selain mereka yang tidak mampu sudah mendapatkan fasilitas berobat gratis dari pemerintah jika ingin meningkatkan fasilitasnya bisa hanya dengan membayar premi yang cukup terjangkau.

Setidaknya untuk jangka waktu yang panjang bisa membuat kita tenang saat tiba-tiba harus sakit. Dan bagi mereka yang sudah bekerja maka biasanya secara otomatis perusahaannya akan mendaftarkan karyawannya untuk ikut serta dalam program BPJS ini.

Tetapi jika tidak Anda para karyawan swasta juga tetap bisa bergabung dengan memilih beberapa premi yang ditawarkan oleh BPJS.

Sekilas mungkin BPJS ini mirip dengan produk asuransi yang biasa kita temukan lalu kemudian banyak yang bertanya-tanya apakah masih tetap diperlukan melanjutkan pembayaran premi asuransi yang sudah diikuti sebelum bergabung dengan BPJS ataukah harus di stop saja mengingat BPJS memberikan alternative premi yang jauh lebih terjangkau.

Jika ddiberi pilihan antara asuransi kesehatan yang biasa kita temukan dengan BPJS maka tentu masing-masing program memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kita perlu tahu lebih dalam agar tidak mengalami kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Untuk asuransi kesehatan itu sendiri biasanya kita hanya membayar sesuai dengan jangka waktu yang kita pilih seperti 5 tahun dan juga 10 tahun lalu kemudian pembayaran akan di stop dan Anda bisa menikmati fasilitas kesehatan sampai dengan batas umur yang ditentukan.

Dan ada juga jenis asuransi kesehatan yang dibarengi dengan investasi dimana dana premi akan dibagi 2 setiap bulannya sehingga Anda tetap bisa mendapatkan fasilitas kesehatan jika sakit dan pada saat masa pembayaran sudah selesai dana akan berkembang terus sampai pada saat masa asuransi selesai.

Dan jika pemilik asuransi meninggal maka ia akan mewariskan sejumlah uang yang akan diberikan kepada ahli waris yang sah menurut hukum yang telah diisi oleh pemilik asuransi pada saat mendaftarkan diri. Selain itu premi kesehatan yang harus dibayar saat menjadi member asuransi kesehatan harganya relative tinggi sehingga banyak masyarakat yang merasa tidak mampu karena memiliki penghasilan yang cukup.

Untuk asuransi kesehatan ini sendiri biasanya yang discover adalah pemilik asuransi nya saja kecuali jika dia mendapatkan fasilitas dari kantornya dimana anak dan isterinya juga bisa mengikuti fasilitas yang sama dengan yang di dapat oleh suaminya selama masih bekerja di perusahaan tersebut.

Jika dibandingkan dalam hal ini jelas BPJS jauh lebih murah.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Untuk BPJS ini Anda harus mendaftar kan diri bisa dengan antri di kantornya atau melalui online agar tidak perlu mengantri. Jika Anda ternyata sudah terdaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan maka biasanya Anda juga akan didaftarkan oleh perusahaan di BPJS kesehatan hanya saja jika tidak Anda tetap bisa mendaftarkan diri Anda sendiri. BPJS ini ditujukan untuk semua masyarakat Indonesia.

Siapa saja boleh mendaftarkan dirinya beserta semua anggota keluarganya. Keunggulan lain program BPJS ini adalah tersedianya perawatan dokter gigi yang mana jika asuransi kesehatan lainnya rata-rata tidak mengcovernya.

Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda bergabung menjadi anggota di program BPJS ini antara lain Anda akan mendapatkan pelayanan preventive yang berupa imunisasi wajib untuk bayi seperti BCG, HB, campak dan juga polio serta program KB ( vasektomi, kontrasepsi dan tubektomi ), juga mendapatkan fasilitas untuk melakukan skrining kesehatan yang biasanya di rumah sakit menelan biaya yang cukup mahal.

Manfaat lainnya adalah Anda akan mendapatkan perawatan untuk rawat jalan baik dengan dokter umum maupun dokter spesialis juga rawat inap di ruang non insentif dan insentif. Manfaat selanjutnya adalah Anda juga bisa mendapatkan pelayanan ambulance disaat genting.

Dari segi manfaat, program asuransi oleh pemerintah ini sangatlah lengkap dan bermanfaat hanya saja banyak masyarakat kita yang malas mengurus prosesnya padahal jika sudah terdaftar tentu tidak perlu pusing ketika harus sakit.

Bukti keanggotaan Anda di BPJS nantinya adalah sebuah kartu yang akan Anda dapatkan ketika Anda sudah resmi terdaftar dan sudah membayar iuran dan layanan BPJS ini sudah tersedia di semua kota di Indonesia.

BPJS ini sendiri memiliki 3 jenis iuran atau premi yang cukup terjangkau berdasarkan kelasnya. Untuk kelas I Anda cukup dengan membayar sebesar Rp 59.500, kelas II sebesar Rp 42.500, kelas III sebesar Rp 25.500. Biaya premi tersebut harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Untuk manfaat lainnya yang juga dijamin oleh BPJS ini Anda akan mendapatkan manfaat kacamata, kelahiran bahkan untuk operasi Caesar dan normal , kehamilan, rawat inap dan rawat jalan.

Keunggulan lainnya dalam program BPJS ini adalah Anda tidak memerlukan pemeriksaan lengkap kesehatan atau medical check up dimana ketika di asuransi kesehatan biasanya jika Anda sudah memiliki penyakit bawaan maka penyakit itu tidak bisa ditanggung dan kalaupun bisa maka harus ada jangka waktu sebelum perusahaan asuransi bisa menanggungnya.

Selama mengikuti program BPJS dan Anda sudah memilih kelas sesuai kemampuan Anda maka ketika Anda sakit dan harus rawat inap di kelas tersebut Anda tidak akan dikenai biaya apapun hanya saja ketika Anda menginginkan pindah kelas di kelas yang lebih tinggi maka Anda harus membayar selisihnya karena Anda menggunakan kelas yang bukan menjadi hak Anda.

Download 400 video tutorial bagus tentang Internet Marketing dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Karena BPJS ini adalah pelayanan atau fasilitas kesehatan oleh pemerintah maka anggota diberikan kemudahan dimana tidak ada batasan waktu berapa lama biaya Anda akan ditanggung selama menjalani perawatan di rumah sakit dengan catatan Anda harus mengikuti semua prosedur dan aturan yang berlaku dan mengambil perawatan sesuai dengan kelas yang sudah ditentukan sesuai premi yang Anda bayarkan setiap bulannya.

Dengan fasilitas seperti ini maka Anda yang menderita penyakit yang cukup berat seperti gagal ginjal, kanker, stroke, diabetes yang memerlukan cek lab yang banyak dan cuci darah serta lainnya maka akan sangat diringankan karena tidak perlu mengeluarkan biaya lagi jika Anda tidak mengajukan kenaikan kelas.

Semua kemudahan diatas tentu saja harus melalui proses yang kata banyak orang cukup ribet atau juga lama. Sebenarnya ini berdasarkan niat Anda untuk mendapatkan fasilitas yang memadai.

Jika Anda menggunakan layanan BPJS maka Anda tidak bisa langsung datang ke dokter spesialis yang Anda inginkan seperti saat membayar tanpa asuransi. Ini biasanya menjadi alas an kenapa masyarakat malas menggunakan fasilitas ini padahal jika dilihat dari segi manfaatnya maka and ajuga yang akan diuntungkan.

Jika Anda ingin berobat maka prosesnya adalah Anda harus datang berobat ke fasilitas kesehatan tingkat yang pertama seperti dokter keluarga, puskesmas atau klinik yang memang sudah ditunjuk oleh BPJS secara resmi. Nanti biasanya Anda akan mendapatkan daftar nya.

Nanti disana dokter atau petugas kesehatan yang memeriksa Anda akan menyatakan apakah Anda perlu dirujuk ke rumah sakit yang memang bekerja sama dengan BPJS. Untuk masalah rujukan ini mau tidak mau pasien harus menurut dengan klinik atau puskesmas yang didatangi karena belum tentu rumah sakit atau dokter langganan Anda bekerja sama dengan BPJS. Ini juga berlaku bagi pasien yang melakukan operasi Caesar.

Saat ini banyak sekali perempuan yang lebih tertarik melahirkan dengan operasi tetapi jika yang menyarankan atau member rujukan harus operasi adalah dokter maka BPJS akan mengganti namun jika atas kehendak pasien yang menginginkan operasi Caesar maka BPJS hanya akan mengganti biaya persalinan dengan persalinan normal. Ini harus benar-benar Anda ingat dan mengerti agar ketika sudah terjadi tidak serta merta marah karena merasa tertipu.

Jika Anda berada dalam keadaan gawat, urgent atau parah maka Anda bisa langsung ke rumah sakit dengan pengecualian.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Tetapi kondisi ini memang dibuktikan gawat darurat. Proses dan prosedur seperti inilah yang seringkali membuat pasien mengeluh. Memang jika dengan asuransi kesehatan Anda tidak perlu ke puskesmas dll hanya saja BPJS menentapkan aturan seperti itu yang harus Anda patuhi dan ikuti. Dan ketika dirumah sakit biasanya Anda juga akan menemukan antrian yang panjangnya mengular, ini adalah masalah yang selalu menjadi keluhan para pengguna BPJS.

BPJS adalah fasilitas kesehata pemerintah dengan premi yang sangat murah karena itu penggunannya pun sangat banyak, wajar kalau Anda harus antri. Kekurangan lainnya dari program BPJS ini adalah belum semua rumah sakit bekerja sama dengan BPJS yang terkadang mereka yang sudah memiliki rumah sakit langganan atau dokter langganan tetap memilih tidak menggunakan fasilitas ini.

Untuk jangka panjangnya memang semua rumah sakit akan bekerja sama dengan pemerintah untuk menunjang fasiltas dari program BPJS ini. BPJS juga hanya bisa digunakan di Indonesia saja tidak seperti asuransi kesehatan yang memiliki fasilitas pengobatan di luar negeri.

Jika Anda memang berasal dari golongan yang mampu maka tidak ada salahnya mengambil kedua jenis fasilitas baik itu BPJS maupun asuransi kesehatan. Akan tetapi untuk asuransi kesehatan akan lebih baik jika Anda mengambil premi yang sekaligus dilengkapi dengan premi investasi.

Ini juga bisa dijadikan tabungan di masa tua nantinya. Untuk BPJS sendiri ketika Anda memiliki tunggakan iuran yang belum dibayar dan Anda ternyata harus rawat inap atau sakit maka Anda harus melunasi kekurangan sampai dengan bulan dimana Anda sakit tersebut. Premi atau iuran BPJS juga harus dibayar seumur hidup Anda. Inilah kenapa premi nya relative murah karena memang jangka waktu pembayaran sampai dengan seumur hidup kita.

Dengan penjabaran seperti ini Anda bisa mengambil kesimpulan manakah yang jauh lebih baik dan maksimal untuk digunakan apakah BPJS saja, ataukah asuransi kesehatan saja apakah keduanya.

Untuk Anda yang memang hanya mampu membayar premi BPJS maka tidak ada salahnya toh jumlahnya cukup masuk di kantong. Memang tidak ada satu manusiapun di dunia ini yang berharap bahwa dirinya sakit karena sakit sangat tidak enak dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun terkadang manusia lengah dalam menjaga kesehatan sehingga akhirnya tumbang dan perlu mendapatkan perawatan khusus.

Kondisi inilah yang harus membuat kita selalu berjaga-jaga akan pentingnya memiliki cadangan uang atau tabungan dimana ketika saat genting bisa kita gunakan untuk mencukupi kebutuhan kesehatan. Adanya fasilitas dari pemerintah ini sangat membantu karena hanya dengan jumlah iuran yang cukup terjangkau Anda bisa mendapatkan perawatan yang layak di rumah sakit yang bagus.

Sehingga ini akan meminimalisir kata-kata bahwa orang miskin dilarang sakit. Mereka yang adalah kalangan menenagah ke bawah iuran kesehatannya sepenuhnya bahkan sudah dibayar oleh pemerintah dan sudah mendapatkan jamkesmas yang bisa digunakan untuk mendapatkan fasilitas pengobatan ketika sakit.

Bagi Anda yang masih menganggap tidak pentingnya asuransi kesehatan atau BPJS karena merasa mampu selalu membayar biaya rumah sakit maka coba pikirkan lagi kembali karena dengan menggunakan cara seperti ini bahkan disaat Anda tidak sedang memiliki banyak uang Anda tetap bisa berobat dan mendapatkan pertolongan medis yang memadai.

BPJS juga membuat Anda tidak perlu harus menyiapkan dana kesehatan sebesar premi asuransi karena jika Anda adalah suami isteri dengan satu orang anak saja premi termahal yang harus dibayar setiap bulannya tidak sampai dengan Rp 180.000 dan ini jauh berbeda dengan premi asuransi yang jumlah segitu saja tidak cukup untuk membayar premi satu orang apalagi sekeluarga.

Jika Anda merasa ragu, Anda bisa datang langsung ke kantor BPJS dan meminta informasi selengkapnya mengenai cara pendaftaran, persyaratan, biaya yang harus dikeluarkan apa saja jika rawat inap, procedure rawat jalan, konsekuensi jika Anda harus dirawat di kelas yang berbeda dan lainnya yang kadang sering menjadi kendala di lapangan.

Semua itu sangatlah penting mengingat kadang masyarakat kita hanya setengah-setengah saja dalam menangkap informasi penting seperti ini sehingga nantinya jika mengalami kendala atau ditolak di rumah sakit yang ternyata tidak bekerja sama kecuali dalam kondisi darurat dang awat maka akan menimbulkan kesan bahwa tenaga kesehatan tidak kompeten dan tidak berkenan menerima pasien dengan fasilitas kesehatan dari pemerintah.

Ini tentu akan berakibat tidak baik bagi banyak pihak dan juga pasien yang tentu masih tetap membutuhkan perawatan yang baik. BPJS buka setiap hari kerja dan terbuka untuk semua keluhan, masukan dan saran yang Anda berikan demi kebaikan bersama.

BPJS juga menyediakan situs online yang bisa diakses selama 24 jam penuh.

cover facebook