Manfaat dan The Power of E-Learning dalam Pelatihan Karyawan

Saat ini di Indonesia dalam dunia pendidikan dan juga pelatihan tenaga kerja dan karyawan sudah semakin mengikuti perkembangan yang ada. Perlahan Negara kita tercinta sudah dalam perjalanan menuju perubahan yang lebih baik dibandingkan dengan jaman dahulu dimana semuanya masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk menyelesaikan satu hal saja.

Tentu saja untuk bersaing dengan banyak Negara yang sudah lebih dulu maju dan berkembang maka jika kita terus menggunakan pola dan cara lama maka kita jelas akan ketinggalan jauh di belakang.

Tidak bisa dipungkiri jika kita terus merasa diuntungkan dengan kemajuan teknologi dan juga perkembangan di era digital seperti sekarang ini yang sangat pesat.

Setiap menit selalu saja ada hal baru dibidang ini yang pasti bermanfaat bagi banyak orang. Khususnya dalam dunia pendidikan dan pelatihan akan menjadi lebih mudah dan juga tentu saja semakin membuat persaingan akan lebih ketat.

Siapa yang bisa maju dan berkembang dengan cepat maka dialah yang akan menjadi pemenang. Namun, bukan berarti kita menjadi tidak bisa belajar. Contohnya saja dalam penggunaan E-learning yang beberapa tahun belakangan ini sudah mulai banyak digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

E-learning sendiri adalah hasil nyata untuk sebuah kemajuan pada bidang teknologi yang sangat bermanfaat salah satunya untuk mendukung proses pelatihan tenaga kerja atau karyawan sebuah perusahaan.

E-learning bisa semaksimal mungkin diaplikasikan secara langsung untuk mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang membutuhkan model pengajaran dalam skala yang cukup besar. Ada beberapa manfaat dan alasan kenapa sebaiknya memang saat ini perusahaan mulai menggunakan dan menerapkan E-learning.

• Biaya yang Lebih Murah
Bisa kita katakan bahwa pelatihan dengan memanfaatkan E-learning sangat jauh lebih hemat dibandingkan dengan metode klasik tatap muka yang selama ini masih banyak digunakan baik di perusahaan besar maupun kecil. Jika dengan model tatap muka maka perusahaan masih harus mengeluarkan banyak biaya seperti biaya tempat training, biaya pengajar, perjalanan dinas, konsumsi, transportasi, dll yang dalam satu kali training saja bisa menghabiskan biaya hingga puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah.

Padahal karyawan pada satu perusahaan jumlahnya bisa sampai ribuan orang. Berapa jadi total biayanya?

Sedangkan jika menggunakan E-learning maka yang dibutuhkan hanya server atau pusat saja kemudian semua karyawan bisa mendapatkan materi pada email pribadi pada saat bersamaan dari berbagai tempat yang berbeda tanpa ada tambahan biaya apapun. Perbedaan ini pasti akan terlihat sangat mencolok sekali bukan?

• Cara Belajar yang Fleksibel
Dengan penggunaan E-learning maka karyawan bisa belajar tidak hanya pada saat training saja seperti saat training dengan model konvensional melainkan dari mana saja dan kapan saja materi pelatihan bisa dibaca, dipelajari tanpa ada batasan tertentu. Secara tidak langsung karyawan akan belajar secara terus menerus tanpa paksaan. Dan tentu saja dengan cara yang jauh lebih menarik lagi.

• Pembelajaran Secara Continue
Dalam system E-learning, materi yang dibagikan kepada semua karyawan bisa dibaca berulang kali baik dalam bentuk dokumen, data atau video sehingga kapan saja dirasa perlu akan lebih mudah tanpa perlu harus membawa modul pelatihan yang berat kemana pun Anda pergi. Manfaatkan gadget Anda untuk hal yang seperti ini.

• Pengukuran Hasil yang Akurat
Dalam penggunaan pelatihan dengan E-learning maka karyawan bukannya tanpa tanggung jawab dan bebas atas kemudahan yang sudah diberikan.

Sebagai salah satu ujian atau syarat kelulusan maka setiap karyawan dalam setiap jabatan diwajibkan untuk menjawab atau menyelesaikan setiap quiz, soal, test atau ujian yang diberikan juga melalui materi yang ada. Sistem E-learning sudah memiliki desain yang lengkap sampai dengan scoring atau penilaian jawaban karyawan yang saat itu juga bisa langsung mengetahui hasilnya. Dari segi waktu pun lebih efisien dan singkat bukan?

• Jangkauan Tanpa Batas
Dengan system E-learning maka bisa menjangkau siapa saja, dimana saja tanpa terbatas waktu dan tempat. Dalam memanfaatkan dunia maya jarak dan tempat seolah bukanlah sebuah hal yang begitu berarti.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Yang Anda butuhkan hanyalah gadget atau computer Anda dan juga koneksi internet yang baik maka semua pasti akan bisa lebih mudah. Bahkan training dengan menggunakan video conference pun bisa dilakukan semua cabang perusahaan dalam satu waktu yang bersamaan. Bisa coba Anda hitung berapa besar penghematan biaya yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan system E-learning ini. Pelatihan tetap berjalan baik namun tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Dari sekian banyak kemudahan dan kelebihan dalam fasilitas E-learning namun masih ada rasa malas bagi para karyawan yang mungkin menganggap ini terlalu santai, tidak ada tekanan sehingga jarang atau bahkan tidak pernah membuka materi yang dikirimkan ke emailnya.

Untuk mengatasi hal ini maka perusahaan perlu memberi pancingan kepada karyawan sehingga mereka tetap semangat untuk belajar sekalipun memang dibuat dalam model yang lebih santai dan flexibel. Mungkin perusahaan bisa memberikan reward berupa insentif tambahan bagi mereka yang rajin menjawab quiz dan semacamnya.

Untuk merubah atau beralih dari masa training konvensional menuju training dengan E-learning dalam era digital ini memang pasti butuh waktu yang tidak sebentar namun perusahaan dan karyawan di dalamnya pasti bisa bekerja dan bersaing dengan cepat dan tepat dalam mengikuti perkembangan yang ada dalam dunia kerjanya sehingga memang waktu yang ada bisa lebih dimaksimalkan.

cover facebook