Trik Berjualan Online Menggunakan Akun Instagram

Bisnis online memang menjadi satu peluang yang menjanjikan bagi banyak entrepeuner. Bukan hanya yang berskala kecil saja, karena saat ini sudah banyak perusahaan kelas menengah hingga besar yang juga mengandalkan beragam akun media sosial, termasuk Instagram.

Dalam beberapa tahun terakhir, memang jumlah pengguna media sosial melonjak cukup banyak, dan hal tersebut seakan member peluang kepada para pebisnis untuk menggunakannya, baik sebagai media promosi maupun media marketing atau pemasaran.

Menurut data yang dirilis oleh berbagai sumber, jumlah pengguna media sosial Instagram sendiri cukup besar di seluruh dunia, yaitu sekitar 200 juta pengguna. Angka yang cukup besar tersebut hanya berarti satu hal, yaitu pasar yang sangat besar.

Bukan hanya itu, data tersebut juga menyebut bahwa ada sekitar 60 juta foto yang diunggah setiap harinya serta menghasilkan setidaknya 1.6 Likes.

Jadi, tidaklah mengherankan apabila banyak sekali perusahaan, pebisnis maupun entrepreuner yang kemudian memanfaatkan jejaring sosial tersebut. Sebagai contoh kecil, jumlah toko online yang memanfaatkan keberadaan Instagram di Indonesia kini semakin meningkat.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Namun, satuhal yang perlu untuk diketahui dan diingat adalah bahwa tidak semua jenis usaha atau bisnis cocok untuk dipajang di Instagram. Mengapa demikian? Hal itu tidak lain karena sosial media yang satu ini lebih memprioritaskan kepada video dan foto, walaupun juga memberikan fitur berupa teks serta hastag.

Mengingat fitur tersebut, Instagram cocok digunakan untuk bisnis yang bergerak dibidang:

Industry hiburan atau entertainment
• Industry yang memfokuskan diri pada pelayanan
• Fashion
• Makanan serta minuman
• Desain

Untuk membuat konsumen terutama IG-ers agar tertarik dengan bisnis maupun produk yang ditawarkan melalui media social Instagram tidaklah mudah. Berikut ada beberapa trik marketing yang dapat dipratekkan melalui Instagram agar para IG-ers atau pengguna media sosial Instagram tertarik:

• Kualitas foto dan gambar:

Yang menjadi daya tarik utama Instagram sejak awal adalah foto dan gambar yang bisa diunggah oleh para penggunanya.

Para pemilik akun Instagram selalu berlomba – lomba untuk mengunggah foto dan gambar yang menarik yang diedit menggunakan filter – filter yang ditawarkan oleh Instagram. Anda tidak wajib untuk menggunakan filter tersebut karena peluang yang dimiliki terbilang sama besar, baik antara yang menggunakan filter maupun yang tidak.

Satu yang pasti, untuk dapat menarik perhatian para IG-ers tentunya anda sebagai pemilik usaha wajib untuk mengunggah gambar dan foto yang menarik. Itu merupakan satu keharusan karena memang setiap IG-ers pasti mencari hal tersebut. Ketika foto yang diunggah dapat menarik perhatian, maka tinggal menuju proses atau langkah selanjutnya.

• Manfaatkan Hashtag

Seperti hal nya Twitter, Hashtag merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus digunakan pada Instagram. Pada Twitter, hashtag berfungsi sebagai kategori, dans ebagaimana apa yang ditawarkan pada Twitter, anda dapat memanfaatkannya untuk melabeli produk yang ditawarkan. Hashtag yang anda buat bisa merupakan nama dari produk atau kata – kata yang dibuat secara unik.

Download 400 video tutorial bagus tentang Manajemen Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Sedikit tips untuk anda, pakailah hashtag yang dapat dipakai oleh siapapun. Contohnya saja Red Bull menggunakan hashtag “GivesYouWings“. Frasa yang terdapat di dalam hashtag tersebut bisa dengan mudah dicocokkan untuk foto yang lain. Strategi hashtag akan menjadi semakin efektif jika anda sebagai pemilik akun ikut serta dalam kontes.

• Bikin kontes

Kontes adalah strategi terbaik yang bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness maupun memperkenalkan produk yang ditawarkan kepada para IG-ers.

Dengan kontes, pebisnis dapat mengajak calon konsumen maupun yang sudah menjadi konsumen untuk ikut serta. Kontes yang diadakan di Instagram biasanya membidik hashtag yang dibuat. Hal ini bertujuan untukmemancing rasa penasaran para IG-ers sehingga mendorong rasa keingintahuan mereka tentang hashtag tersebut hingga pada akhirnya mereka mengetahui bahwa produk atau perusahaan anda yang mengadakannya.

Sepertihalnya Facebook, Instagram juga mengena lfitur Tagging. Fitur ini bisa anda manfaatkan untuk melakukan Tag foto yang anda unggah. Jika hal tersebut sudah dilakukan, dan anda mengadakan kontes, maka anda dapat mendorong IG-ers untuk mengikuti kontes tersebut serta melakukan Tagging kepada teman mereka.

Langkah Selanjutnya

Mendapatkan perhatian dari para IG-ers tentunya bukan perkara mudah. Hal ini bukan hanya tentang mendapatkan banyak Likes dan Followers.

Di sini, anda sebagai pelaku usaha bukan hanya butuh kedua hal tersebut karena yang menjadi target utama anda adalah keuntungan melalui bisnis yang anda jalankan. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang wajib untuk anda lakukan, yaitu:

• Buat pesan yang singkat dan jelas namun mampu menarik perhatian

Seperti yang telah disinggung sebelumnya tentang pemakaian hashtag, pelaku bisnis dapat memfokuskan diri pada pemakaian hashtag yang unik untuk menarik perhatian. IG-ers. Menurut fakta, banyak follower yang dengan sukarela bersedia untuk melakukan hal yang sama ketika orang lain juga melakukannya.

Download 400 video tutorial bagus tentang Internet Marketing dan Ilmu Pengembangan Diri. Download Sekarang.

Konsumen menjadi pusat perhatian

Ketika para IG-ers sudah tertarik dengan produk mau pun jasa yang ditawarkan melalui Instagram, maka saat nya bagi pelaku bisnis untuk memberi perhatian pada konsumen. Konsumen sangat senang diperhatikan dengan cara diberikan berbagai apresiasi. Perhatian yang diberikan tidak perlu muluk – muluk, cukup dengan mengajak mereka untuk berkirim gambar yang ada produk anda.

Berikan produk dan pelayanan yang memuaskan

Baik di dunia nyata maupun di dunia maya, bisnis adalah soal kepuasan. Ketika konsumen merasa puas dengan produk serta pelayanan yang diberikan oleh penjual, maka kemungkinan untuk mereka kembali membeli akan terbuka lebar. Selain itu, memberikan pelayanan memuaskan dan produk yang berkualitas juga akan meningkatkan reputasi perusahaan yang anda jalankan.

cover facebook